TARAKAN – Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Tarakan resmi dibentuk di Kota Tarakan. Hal tersebut ditandai dengan kegiatan Pengukuhan Dewan Pengurus yang dilakukan langsung oleh Walikota Tarakan Sofian Raga pada Rabu pagi (28/01) di gedung Serbaguna Kantor Walikota Tarakan.
 Pengukuhan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Walikota Tarakan Nomor 300.05/HK-X/350/2014 tentang Pembentukan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Kota Tarakan dan Surat Keputusan Walikota Tarakan Nomor 300.05/HK-X/351/2014 tentang Pembentukan Forum Pembauran Kebangsaan Kota Tarakan.Tujuan dari pembentukan kedua organisasi  tersebut adalah untuk mewujudkan ketenteraman, ketertiban dan perlindungan  masyarakat serta mewujudkan kerukunan nasional dalam upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.
Sesuai dengan amanat Permendagri Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewaspadaan Dini Masyarakat di Daerah dan Permendagri Nomor 34 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan di Daerah bahwa penyelenggaraan kewaspadaan dini dan pembauran kebangsaan menjadi tanggungjawab dan dilaksanakan oleh masyarakat yang difasilitasi oleh Pemerintah daerah. Keanggotaan FKDM terdiri atas wakil-wakil ormas, perguruan tinggi,lembaga pendidikan lain, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda,dan elemen masyarakat Lainnya. Sedangkan keanggotaan FPK terdiri atas pimpinan organisasi pembauran kebangsaan, pemuka adat, suku, etnis, dan masyarakat setempat.
Dalam sambutannya, Sofian Raga menyampaikan tugas yang akan dilaksanakan oleh Pengurus FKDM dan FPK bukanlah hal yang mudah. Untuk itu, Sofian Raga berharap kepada para Pengurus agar senantiasa menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik dengan sesama anggota, Pemerintah, ormas dan stekeholder lainnya, sehingga program dan  kegiatan yang nantinya akan dirumuskan dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan.lebih lanjut Sofiah Raga menyampaikan bahwa persoalan berbangsa dan bermasyarakat merupakan tanggungjawab bersama sehingga dibutuhkan kebersamaan dan kerjasama yang baik.
"Sering saya sampaikan bahwa persoalan-persoalan berbangsa dan bermasyarakat terutama di kota tarakan merupakan persoalan kita bersama antara pemerintah dan masyarakat. Sehingga sudah sepatutnya menjadi tanggungjawab kita bersama pula dalam mencari jalan keluarnya" ungkap Sofian Raga
Sofian Raga berharap agar keberadaan organisasi FKDM dan FPK kota Tarakan dapat disosialisasikan kepada seluruh masyarakat Kota Tarakan termasuk segera membentuk FKDM dan FPK di tingkat kecamatan dan kelurahan yang ada di Kota Tarakan.
"Sesuai dengan amanat Permendagri Nomor 12 tahun 2006 dan Permendagri Nomor 34 tahun 2006, di kecamatan dan kelurahan juga harus dibentuk organisasi  FKDM dan FPK  secara berjenjang. Untuk itu pula, saya minta jajaran Badan Kesbangpol dan Linmas beserta Camat dan Lurah untuk segera memfasilitasi terbentuknya kepengurusan FKDM dan FPK di seluruh kecamatan dan kelurahan yang ada di kota tarakan" pinta Sofian Raga.
Adapun pengurus yang dikukuhkan yakni Usman Faqih, S.Ag, MM sebagai Ketua FKDM dan H. Adji Ruchijat Rahman, SH sebagai Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Kota Tarakan untuk masa bhakti 2014-2019. (HMS/FLY)
 
======================================================

Tag : Tarakan, Kota Tarakan, Kaltara, Kalimantan Utara, Online, Shopping, Radar Tarakan, Kaltara Pos, Tarakan TV, Pemkot Tarakan, Tarakan Plaza, Grand Mall Tarakan, Gusher Plaza Tarakan, Jend Sudirman, Yos Sudarso, Simpang Tiga, Markoni, Ladang, Juata, Mulawarman, Jual Beli, Baju, Murah, Agen, Grosir, Kantor Pos, Kp Baru, Pamusian, Kelurahan, Kecamatan, KTP, Gedung Gadis, Stadiun Datu Adil, Pemerintah Kota Tarakan, TRIBUNKALTIM, UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN, RSUD Tarakan, Kalimantan Timur, Swiss Belhotel Tarakan, PLN TARAKAN, Pengadilan Negeri Tarakan, Pengadilan Agama Tarakan, BPS Kota Tarakan, SMA Negeri 1 Tarakan, Imigrasi Tarakan, Ikan Tipis, Pantai Amal, Walikota Tarakan, Kepiting Saos, BCA KCU Tarakan, OlShop

======================================================

 
Top